Admin : AA H. RONY KP.SABRANG, JAWILAN - SERANG - BANTEN 42177.Telp. +6281280485019 (Indonesia) dan +967715138399 (Yemen).
بـــسـم الله الرحمن الرحيم السّـلام عليكم ورحمة الله وبركاتـه بعد تحــية وبعــد ...... شهر رمضان المبارك والمعظم === أبعث لسعادتكم === بأخلص التهاني وأطيب التمنيات والأماني بالشهر الفضيل, تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم, قيامنا وقيامكم... سائلين الله أن يعيده علينا وعليكم بالصحة والسعادة وأن يجعل الله العلي القدير هذا الشهر عليكم مباركا خيرا ويمنا.. وعلى أمتنا الإسلامية تقدما وازدهارا... وكل عام وأنتم والجميع بخير ولكم مني جزيل الشكر والتقدير وجزاكم الله الخير. والسّـلام عليكم ورحمة الله وبركاته أخوكم في الله الحاج بكراني لاتار
AA H. RONY DAN KELUARGA BESAR DI SABRANG SERTA SELURUH MASYARAKAT JAWILAN MENGUCAPKAN "SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1434 H SEMOGA KITA BISA MENJADI LEBIH BAIK DI HARI-HARI YANG AKAN DATANG"

Pentingnya membaca

Pentingnya membaca

Seharusnya kegiatan membaca bukanlah hal yang baru. Membaca merupakan alternatif model pembelajaran (learning model) yang paling efektif, yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran dari seseorang tidak tahu menjadi tahu.
Kini keadaan hidup semakin berubah dengan lebih cepat , tidak menentu dan hidup semakin kompetitif. Dampak dari kondisi perubahan hidup tersebut menimbulkan grafik pertumbuhan permasalahan baru (dan lama) lebih cepat dibandingkan dengan angka kemampuan kita menyelesaikan masalah. Untuk mengantisipasi ledakan permasalahan orang sudah mulai mengenal model belajar “just in time learning”, yaitu ketika seseorang mendapatkan masalah, maka saat itu juga kita harus mampu menjawabnya dengan baik. Membaca adalah alternatf yang terbaik mendapatkan informasi sebagai model belajar kita dalam memecahan permasalahan yang kita hadapi.


Kenapa anda harus belajar membaca cepat
 Apakah Anda selalu ingin mendapatkan informasi yang terbaru dalam pekerjaan anda ?
 Apakah Anda termasuk orang yang sering bergaul dengan orang lain dan memerlukan wawasan baru ?
 Apakah anda ingin menjadi orang yang selalu mengikuti informasi terbaru ?
 Berapa koran yang terbit pada hari ini ?
 Berapa buah majalah yang terbit pada minggu ini ?
 Berapa buah majalah favorit anda?
 Berapa banyak buku yang telah terbit pada bulan atau tahun ini?
 Berapa banyak jurnal ilmiah yang berhubungan dengan profesi Anda terbit pada tahun ini ?
 Berapa banyak katalog/ kumpulan artikel atau hasil penelitian sehubungan dengan profesi Anda ?

INFORMATION OVERLOAD, hampir…..
 Satu buah koran harian berisi informasi sebanyak lebih dari 50 000 kata.
 Ada 50 ribu buku dipublikasikan si USA dalam pertahunnya.
 Ada 1000 majalah dipublikasikan dalam setahunnya
 Ada 7 ribu studi ilmiah yang ditulis dan dipublikasikan di seluruh dunia.
 Tahun 90, jumlah informasi berlipat dua kali setiap setiap lima tahunnya.
 Pada tahun 2000, jumlah informasi berlipat dua kali dalam waktu kurang dari dua tahun.
 Hasil penelitian, bahwa penggunaan komunkasi melalui tulisan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
 Ada sekitar 1 juta dokumen akan dijitalkan dalam setiap tahunnya.
 Buku, fotografi, lukisan dan video diproduksi secara besar-besaran.
 Anda dapat memperoleh informasi dari modem, sistem kabel-jaringan, satelit dll.


Kekuatan membaca menjadi lebih urgen pada era informasi
Cobalah anda merenung sejenak, pada era informasi ini jenis data manakah yang dapat anda akses melalui ketrampilan membaca, yaitu baik yang disajikan melalui media cetak maupun media elektronik.
Ada lebih dari 10 buah koran yang terbit setiap hari, seperti Republika, Kompas, Media Indonesia, Terbit dll. Ada lebih dari 10 majalah yang terbit setiap minggu/ dua mingguan, seperti: Adil, Forum, Gatra, Tempo dan sebagainya. Ada berapa buku baru dan buku edisi revisi setiap tahun diterbitkan. Ada berapa artikel ilmiah yang berhubungan dengan profesi anda ditulis setiap tahunnya. Ribuan data sekarang masuk dalam proses dijitasi ke dalam komputer. Berapa data yang mengalir melalui internet atau jaringan yang anda miliki. Berapa lama anda dapat mengakses seluruh informasi mengalir tersebut dengan baik.
Jika anda tidak ingin menjadi orang "kuper" atau ketinggalan informasi, maka kini saatnya anda harus mulai memperbaiki gaya belajar anda dengan melalui meningkatkan ketrampilan membaca. Menurut Juwono S (1998) ketrampilan membaca juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pemikiran konseptual yang tercermin dari kegiatan merumuskan kata atau ungkapan yang mewakili kenyataan hidup. Semuanya tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kekuatan membaca agar kehidupan lebih baik.

Seberapa besar kekuatan membaca yang anda miliki
Ketrampilan membaca berbeda dengan ketrampilan membaca cepat. Berawal ketika saya mulai tertarik dengan membaca, maka tahun 1987 adalah dokter Budi S orang yang pertama kali memberikan informsi kepada saya bahwa orang di luar negeri (Jepang, Amerika) mengembangkan sistim membaca cepat. Kemudian sekitar tahun 1990 saya menemukan buku Sistem membaca cepat dan efektif, melalui buku tersebut ternyata sangat membantu dalam meningkatkan ketrampilan membaca dan kebiasaan membaca menjadi banyak berubah. Kemudian barulah pada tahun 1991 saya mendapatkan sesi Reading Skill (ketrampilan membaca) sewaktu belajar di Amerika. Kini sering saya terlibat dengan test-test (workshop) untuk melihat kemampuan membaca cepat, rata-rata peserta pada awalnya memiliki 120 kata per menit (kpm). Namun setelah diperbaiki dalam waktu yang singkat, ternyata kemampuan peserta dapat menjadi 300-500 kpm.
Ada baiknya anda perlu melihat seberapa besar kemampuan anda dalam membaca. Ambilah sebuah artikel koran, kemudian sediakan jam tangan atau sejenisnya yang memilki penunjuk waktu menitnya. Bacalah artikel yang telah anda pilih tersebut sampai selesai, catat waktu mulai dan selesai membaca keseluruhan artikel yang anda pilih. Kemudian hitunglah berapa jumlah kata yang telah anda selesaikan persatuan waktu yang anda tempuh. Akhirnya anda akan dapat memperoleh berapa rata-rata kemampuan membaca anda dalam satuan kpm. Sebagai sebuah pembanding dari kemampuan anda, konon Jimmy Carter mantan presiden USA tersebut memiliki kemampuan membaca 1.200 kpm.
Perkembangan untuk mengukur kekuatan ketrampilan membaca cepat saat ini tidak saja menghitung berapa kata yang diperoleh dalam satuan waktu atau kpm, melainkan berapa banyaknya gagasan atau ide yang diperoleh dalam satuan waktu ketika membaca.

Kebiasaan buruk dalam membaca cepat
Kenapa pada umumnya orang memiliki kpm sangat rendah, hal ini disebabkan kebiasaan membaca ketika kita belajar membaca pada usia kecil terbawa sampai dewasa. Ada beberapa kebiasaan buruk membaca yang yang diderita secara akut oleh para pembaca lambat.
 Pertama vokalisasi, yaitu kita membaca dengan mengeluarkan suara secara keras apa yang kita baca.
 Kedua gerakan bibir: yaitu kebiasaan waktu kecil yang membaca sambil mengucap lirih atau mulut ikut bergerak-gerak.
 Ketiga gerakan kepala, yaitu seringkali ketika membaca kepala kita turut bergerak mengikuti garis-garis kalimat yang kita baca.
 Keempat menunjuk jari, yatu ketika membaca kebiasaan kita dengan mengeja dan dibantu dengan jari atau pengaris agar apa yang kita baca tidak lompat.
 Kelima regresi, yaitu kebasaan kita ketika membaca sering mengulang/ mundur kembali apa yang sudah kita.
 Keenam subvokalisasi ,yaitu kebiasaan membaca yang melafalkan dalam bathin/ pikiran kata-kata yang dibaca, sehingga mengalahkan kosentrasi dalam mencari ide pokok dari bacaan yang sedang kita baca.
Kebiasaan buruk yang menghambat kemampuan membaca cepat tersebut harus dihilangkan dengan melalui latihan-latihan khusus dan disiplin . Cara lain untuk meningkatkan skill membaca cepat dengan menggunakan metode atau teknik membaca cepat yang sesuai dengan kita.

Perkembangan teknik untuk meningkatkan ketrampilan membaca
Ada lembaga-lembaga di luar negeri yang menyodorkan paket ketrampilan membaca cepat, yaitu seperti kursus Evelyn Wood sejak tahun 1980 telah meningkatkan kecepatan membaca rata-rata 600 persen seiring dengan peningkatan pemahaman sebesar 12 persen. Jadi kalau test membaca pertama anda mendapat skor 200 kpm, maka ketika pulang dari pusat latihan tersebut kemampuan membaca cepat anda dapat meningkat menjadi 1.200 kpm. Contoh lain yang dikembangkan oleh Richard Welch yang mengklaim salah seorang anak didiknya mencapai 442 ribu kpm. Menurut Putu W (1997) di Rusia, konon teknik tertentu menjadikan seorang anak lima tahun menjadi fasih tiga bahasa, mengerjakan soal matematika setiap hari, dan mengetahui 400 kata baru setiap minggu. Dan begitu masuk sekolah, ia menguasai 40 bahasa dan hapal seluruh isi ensiklopedia Rusia. Bagaimana dengan anda, apakah anda puas dengan kemampuan membaca anda saat ini ?

Teknik membaca cepat Teknik SQ3R
Ada banyak cara dalam membaca cepat, cara yang akan kita bahas adalah SQ3R. Metode ini memiliki makna dari singkkatan kata-kata:
Pertama S-survey, yaitu ketika anda pertama kali anda ingin membaca sebuah buku, maka lebih baik anda memulai dengan membuat survey isi buku untuk mempercepat menangkap artri, mendapatkan abstrak, mengetahui ide-ide penting atau melihat susunan bacaan tersebut.
Kedua Q-question, yaitu ketika anda sudah melewati tahap pertama maka anda harus mampu membangun pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi buku yang akan anda baca, ini penting untuk membangun gairah emosional anda untuk ingin menyelesaikan membaca dengan cepat. Gunakan kata pemicu seperti apa, diamana, kapan, siapa dan bagaimana.
Ketiga R-read, yaitu setelah melewati fase kedua maka mulailah dengan membaca, anda harus dengan segera mencari jawaban yang anda inginkan, hilangkan kebiasaan buruk selama membaca dan jangan membuat tanda baca kecuali memberi tanda penting yang akan bermanfaat pada fase selanjutnya. Jangan dibiasakan melipat halaman buku, jangan mencoret dengan menggaris dengan berlebihan, atau memberi komentar yang mengulang apa yang dutulis dalam buku.
Keempat R-recite (recall), yaitu setiap anda telah selesai membaca pada setiap bagian, maka berhentilah sejenak. Kemudian cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan bagian itu atau menyebutkan hal-hal penting dari bab itu. Pada saat tersebut anda dapat membuat catatan seperlunya.
Kelima R-review, yaitu setelah selesai membaca secara keseluruhan apa yang harus anda baca, maka ulangi kembali untuk menelusuri kembali judul-judul atau pokok-pokok penting yang perlu untuk diingat kembali, atau membuat kembali gagasan yang telah terbentuk selama membaca melalui simbul atau catatan-catatan kecil yang telah anda buat. Tahap ini sangat penting, karena saat membaca secara umum dapat menguasai informasi sebesar 85 % dari isi bacaan, kemudian dalam tempo 8 jam untuk mengingat yang detail tinggal 40 %, dan dalam tempo 2 minggu pemahaman kita tinggal 20 %. Ingatlah pepatah mengatakan, bahwa ilmu itu bagaikan binatang buas dan pena (alat tulis) sebagai pengikatnya.

Manfaat memiliki ketrampilan membaca
Kebiasaan menulis dan membaca sulit untuk dipisahkan, bagaikan dua sisi mata uang yang saling mendukung. Andy Carnegie, milyader dan pembangun manusia berhasil adalah seorang pembaca rakus sejak pertama kali bisa membaca. Secara umum orang sukses adalah mereka yang secara informasi memiliki lebih banyak dibandingkan dengan orang lainnya. Orang bijak berkata, membaca membuat orang yang lengkap, berpidato menciptakan orang yang siap, dan menulis membentuk orang yang eksak.

0 komentar:

=============================================================
SOBAT SILAHKAN KIRIMKAN TULISAN ANDA DI KISAH JAWILAN
=============================================================
Nama
Email
No HP
Belajar
Judul
Kategori
Tulisan
Pesan

kirimkan Photo Penulis ke email : bakronilatar@yahoo.co.id Terimakasih Telah Berpartisipasi Tulisan di Kisah Jawilan, setelah mengirimkan tulisan mohon sms ke aa Rony di +6281280485019


=======================================================================
Komentar Terbaru
VISITOR KISAH JAWILAN MOHON TINGGALKAN PESAN DISINI

Mari Gabung Disini !!!

KISAH JAWILAN DAN NEGERI SABA' © 2008 Por A H.RONY