Admin : AA H. RONY KP.SABRANG, JAWILAN - SERANG - BANTEN 42177.Telp. +6281280485019 (Indonesia) dan +967715138399 (Yemen).
بـــسـم الله الرحمن الرحيم السّـلام عليكم ورحمة الله وبركاتـه بعد تحــية وبعــد ...... شهر رمضان المبارك والمعظم === أبعث لسعادتكم === بأخلص التهاني وأطيب التمنيات والأماني بالشهر الفضيل, تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم, قيامنا وقيامكم... سائلين الله أن يعيده علينا وعليكم بالصحة والسعادة وأن يجعل الله العلي القدير هذا الشهر عليكم مباركا خيرا ويمنا.. وعلى أمتنا الإسلامية تقدما وازدهارا... وكل عام وأنتم والجميع بخير ولكم مني جزيل الشكر والتقدير وجزاكم الله الخير. والسّـلام عليكم ورحمة الله وبركاته أخوكم في الله الحاج بكراني لاتار
AA H. RONY DAN KELUARGA BESAR DI SABRANG SERTA SELURUH MASYARAKAT JAWILAN MENGUCAPKAN "SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1434 H SEMOGA KITA BISA MENJADI LEBIH BAIK DI HARI-HARI YANG AKAN DATANG"

JAUHI MAKSIAT

JAUHI MAKSIAT

Sebagian ikhwah aktivis Islam menduga Allah Ta’ala akan mentolerirnya jika ia bermaksiat, sebab ia iltizam dengan Islam dan masuk dalam barisan aktivis Islam. Oleh sebab itu, maksiat itu perkara sepele dalam pandangan matanya. Terutama, jika ia sudah sekian tahun beriltizam dengan Islam dan kehilangan semangat religiusnya, karen satu dan lain hal yang tidak bisa disebutkan di sini. Jika ia menganggap sepele maksiat atau syubhat, maka ia dapati hukuman Allah Ta’ala cepat mengenai dirinya. Ia pun kaget, tidak habis pikir.

Bisa jadi, sekarang ia mengerjakan salah satu dosa, lalu beberapa jam kemudian, ia merasakan akibatnya. Ia bingung ketika itu. Ia berkata kepada dirinya, “Dulu, aku mengerjakan ratusan dosa seperti dosa ini, bahkan dosa lebih besar lagi sebelum beriltizam dengan Islam, tapi aku tidak mendapatkan hukumannya. Kini, hukuman terasa cepat sekali, langsung, dan berat.” Jika aktivis Islam ini tahu agamanya dengan baik, ia pasti tahu bahwa Allah Ta’ala sangat cemburu jika hal-hal yang Dia haramkan dikerjakan orang. Dia lebih cemburu lagi jika hal-hal terlarang itu dikerjakan wali-wali-Nya, yang notabene orang-orang dekat-Nya dan orang-orang yang layak jauh dari maksiat.

Orang-orang yang mengemban risalah Islam harus lebih bertakwa kepada Allah Ta’ala, jauh dari dosa-dosa kecil, syubhat, dan dosa-dosa besar. Mereka melarang orang lain mengerjakan hal-hal haram, kenapa mereka malah mengerjakannya? Ini fitnah pada masyarakat awam jika sampai mereka tahu –dan mereka pasti tahu dan aktivis tersebut tidak lagi menjadi figur panutan, padahal semestinya ia harus menjadi tokoh panutan. Karena itu dan sebab-sebab lain, Allah Ta’ala berfirman,

“Jika kalian menyimpang sesudah kepada kalian bukti-bukti kebenaran, maka ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (Al-Baqarah: 209).

Para aktivis Islam di-hisap Allah Ta’ala dengan lebih berat dan sulit, daripada orang-orang lain. Setiap aktivis harus tahu bahwa antara Allah Ta’ala dengan siapa pun, kendati jabatannya tinggi, itu tidak ada hubungan kekerabatan. Allah Mahaadil dan Hakim adil.
Setiap aktivis Islam harus mengingatkan dirinya, dengan firman Allah Ta’ala,

“(Pahala dari Allah) itu bukan menurut angan-angan kosong kalian dan tidak menurut angan-angan Ahli Kitab. Barangsiapa mengerjakan kejahatan, niscaya diberi pembalasan dengan kejahatan itu.” (An-Nisa’: 123).

Ayat di atas dianggap sebagian sahabat sebagai ayat paling berat. (Diriwayatkan Ibnu Abu Hatim). Sedang saya menganggapnya ayat yang paling menakutkan orang Mukmin dan membuat bulu romanya berdiri.
Ayat di atas bicara kepada para sahabat. Siapa mereka? Bagaimana dengan kita, yang kebaikannya campur aduk dengan keburukan? Ayat di atas lonceng bahaya, yang ditabuh untuk menyadarkan setiap aktivis Islam. Ya, standar keadilan itu tidak hanya mengenai seseorang, setinggi apa pun martabatnya.

Bal’am bin Baura’ tahu nama terbesar Allah Ta’ala, seperti kata orang. Namun, ketika ia bermaksiat kepada-Nya, maka perumpamaannya seperti anjing. Jika Anda bawa maka ia menjulurkan lidahnya dan jika Anda biarkan maka juga menjulurkan lidahnya.
Dosa dan maksiat itu sumber petaka. Petaka terjadi karena dosa dan hilang karena taubat. Seorang syaikh berputar-putar di salah satu majlis, lalu berkata, “Siapa ingin selalu sehat, ia harus bertakwa kepada Allah.” Di sebutkan di hadits mulia,

“Seorang hamba diharamkan mendapatkan rizki karena dosanya.” (Diriwayatkan Ibnu Majah dan Ahmad)

Seorang generasi salaf berkata, “Aku anggap sepele sesuap makanan, lalu aku memakannya. Sekarang, aku kembali ke belakang sejak empat puluh tahun yang silam.”
Sandal Abu Utsman An-Nisaburi putus dalam perjalanannya untuk shalat Jum’ah dan ia butuh waktu satu jam untuk memperbaikinya. Ia berkata, “Sandalku putus, karena aku tidak mandi hari Jum’at.”

Ibnu Al-Jauzi berkata, “Di antara keajaiban hukuman di dunia ialah setelah tangan-tangan dzalim saudara Nabi Yusuf bereaksi dan Nabi Yusuf dibeli dengan harga murah, maka tangan-tangan mereka menengadahkan tangan dan meminta-minta, ‘Bersedekahlah kepada kami’.”

Kadang, hukuman itu tidak terlihat. Misalnya, seseorang melihat sesuatu yang diharamkan Allah Ta’ala. Akibatnya, cahaya hati nuraninya bermasalah.
Atau ia tidak mengendalikan lidahnya, lalu hatinya tidak lagi jernih. Atau lebih senang dengan makanan syubhat. Akibatnya, hatinya gelap, ia tidak bisa mengerjakan qiyamul lail, dan munajat.

Maksiat itu melahirkan maksiat yang sama. Jika maksiat sering dikerjakan, maka terjadi akumulasi maksiat.
Kadang, pelaku maksiat melihat tubuhnya segar bugar, hartanya banyak, dan tidak ada masalah dengan keluarganya. Ia mengira tidak dihukum, padahal ketidaktahuannya kalau ia sedang dihukum merupakan hukuman. Ya, sesuatu yang manis baginya berubah menjadi pahit, lalu yang ada adalah pahitnya penyesalan, kesedihan, dan kecemasan.

Diriwayatkan, seorang rahib Bani Israel bermimpi bertemu Allah Ta’ala. Ia berkata, “Tuhanku, aku bermaksiat kepada-Mu, tapi Engkau tidak menghukumku.” Allah berfirman, “Aku sudah sering menghukummu, tapi engkau tidak tahu. Bukankah Aku telah membuatmu tidak lagi dapat bermunajat kepada-Ku dengan manis?”
Kadang, di antara efek maksiat ialah Allah Ta’ala membuat seseorang dibenci manusia dan mereka menolak dakwahnya, karena sebab-sebab yang tidak jelas. Abu Ad-Darda’ Radhiyallahu Anhu berkata, “Jika seseorang bermaksiat kepada Allah ketika sendirian, Allah membuatnya dibenci manusia, tanpa ia sadari.”
Ibnu Al-Qayyim Rahimahullah meringkas efek-efek maksiat di bukunya berjudul Al-Fawaid, dengan indah.

Ia berkata, “Di antara efek maksiat ialah pelakunya tidak banyak mendapatkan petunjuk, pikirannya kacau, ia tidak melihat kebenaran dengan jelas, hatinya rusak, daya ingatnya lemah, waktunya hilang sia-sia, dibenci manusia, hubungannya dengan Allah renggang, doanya tidak dikabulkan, hatinya keras, keberkahannya di rizki dan umurnya musnah, diharamkan mendapatkan ilmu, hina, dihinakan musuh, dadanya sesak, diuji dengan teman-teman jahat yang merusak hati dan menyia-nyiakan waktu, cemas berkepanjangan, sumber rizkinya seret, dan hatinya terguncang Maksiat dan lalai membuat orang tidak bisa dzikir kepada Allah, sebagaimana tanaman tumbuh karena air dan kebakaran terjadi karena api.”
Ditanyakan kepada seorang generasi salaf, “Apakah pelaku maksiat itu merasakan manisnya ketaatan?” Orang salaf itu menjawab, “Tidak. Orang yang ingin bermaksiat juga tidak merasakannya.”

Ibnu Al-Jauzi Rahimahullah berkata, “Siapa merenungkan kehinaan saudara-saudara Nabi Yusuf ketika mereka berkata, ‘Bersedekahlah kepada kami.’ Maka ia tahu betapa dosa itu menghinakan, kendati mereka telah bertaubat. Sebab orang yang pakaiannya utuh. Tulang yang pernah patah itu tidak dapat pulih seperti sediakala. Kalaupun bisa pulih, tulang tersebut lemah.”
Akhi, aktivis Islam, jauhi dosa yang disepelekan. Sebab, dosa bisa membakar satu negara. Hai orang yang berdosa berkali-kali, cobalah pikirkan apa yang membuat Anda berdosa?

0 komentar:

=============================================================
SOBAT SILAHKAN KIRIMKAN TULISAN ANDA DI KISAH JAWILAN
=============================================================
Nama
Email
No HP
Belajar
Judul
Kategori
Tulisan
Pesan

kirimkan Photo Penulis ke email : bakronilatar@yahoo.co.id Terimakasih Telah Berpartisipasi Tulisan di Kisah Jawilan, setelah mengirimkan tulisan mohon sms ke aa Rony di +6281280485019


=======================================================================
Komentar Terbaru
VISITOR KISAH JAWILAN MOHON TINGGALKAN PESAN DISINI

Mari Gabung Disini !!!

KISAH JAWILAN DAN NEGERI SABA' © 2008 Por A H.RONY