Admin : AA H. RONY KP.SABRANG, JAWILAN - SERANG - BANTEN 42177.Telp. +6281280485019 (Indonesia) dan +967715138399 (Yemen).
بـــسـم الله الرحمن الرحيم السّـلام عليكم ورحمة الله وبركاتـه بعد تحــية وبعــد ...... شهر رمضان المبارك والمعظم === أبعث لسعادتكم === بأخلص التهاني وأطيب التمنيات والأماني بالشهر الفضيل, تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم, قيامنا وقيامكم... سائلين الله أن يعيده علينا وعليكم بالصحة والسعادة وأن يجعل الله العلي القدير هذا الشهر عليكم مباركا خيرا ويمنا.. وعلى أمتنا الإسلامية تقدما وازدهارا... وكل عام وأنتم والجميع بخير ولكم مني جزيل الشكر والتقدير وجزاكم الله الخير. والسّـلام عليكم ورحمة الله وبركاته أخوكم في الله الحاج بكراني لاتار
AA H. RONY DAN KELUARGA BESAR DI SABRANG SERTA SELURUH MASYARAKAT JAWILAN MENGUCAPKAN "SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1434 H SEMOGA KITA BISA MENJADI LEBIH BAIK DI HARI-HARI YANG AKAN DATANG"

Menjaga Islam di Indonesia dengan Toleransi Beragama

A. Prolog
Dalam dekade ini, term agama seolah-olah menjadi istilah yang terkesan mencemaskan, bahkan menakutkan bagi pemerhati dan pengamatnya. Mengapa demikian? Karena agama di genggaman sebagian pemeluknya justru sering tampil dengan wajah jauh kekerasan. Harus kita akui, dewasa ini masih saja muncul konflik, intoleransi, dan kekerasan atas nama agama.

Perspektif dunia keagamaan yang cenderung ashabiyah memang sangat berpotensi memecah belah kerukunan antara umat beragama, yang berujung pada saling klaim kebenaran, sehingga menimbulkan berbagai macam konflik yang berbasis SARA. Fenomena tersebut senantiasa muncul dan berkembang di negara kita, khususnya masyarakat akar bawah yang cenderung mudah terprovokasi. Akibatnya timbulah kekerasan yang meluas ke berbagai komunitas, sehingga realitas kehidupan beragama yang muncul adalah saling curiga mencurigai, saling tidak percaya, dan hidup dalam ketidak harmonisan.

Seluruh agama melalui kitab sucinya yang ditegaskan oleh para tokohnya menyepakati esensi toleransi, terlebih agama Islam yang kedepankan tagline rahmatan lil alamin. Toleransi merupakan bagian terpenting dalam konteks visi teologi (akidah) Islam, yang terimplementasikan dalam kajian dakwah. Ia sejatinya harus dikaji secara komprehensif dan diaplikasikan dalam kehidupan beragama serta bermasyarakat.

Para sejarawan menjelaskan, salah satu kunci keberhasilan Islam di jazirah Arab yang notabene bermasyarakat polytheis , dan diterimanya Islam di Melayu yang telah berbudaya dan berperadaban adalah karena faktor toleransi yang diajarkan Islam. Di mana nilai toleransi sungguh-sungguh diaplikasikan oleh penyebar Islam tempo itu.
oleh : Ahmad Syukron Amin Baca selengkapnya DOWNLOAD DISINI


0 komentar:

=============================================================
SOBAT SILAHKAN KIRIMKAN TULISAN ANDA DI KISAH JAWILAN
=============================================================
Nama
Email
No HP
Belajar
Judul
Kategori
Tulisan
Pesan

kirimkan Photo Penulis ke email : bakronilatar@yahoo.co.id Terimakasih Telah Berpartisipasi Tulisan di Kisah Jawilan, setelah mengirimkan tulisan mohon sms ke aa Rony di +6281280485019


=======================================================================
Komentar Terbaru
VISITOR KISAH JAWILAN MOHON TINGGALKAN PESAN DISINI

Mari Gabung Disini !!!

KISAH JAWILAN DAN NEGERI SABA' © 2008 Por A H.RONY