Admin : AA H. RONY KP.SABRANG, JAWILAN - SERANG - BANTEN 42177.Telp. +6281280485019 (Indonesia) dan +967715138399 (Yemen).
بـــسـم الله الرحمن الرحيم السّـلام عليكم ورحمة الله وبركاتـه بعد تحــية وبعــد ...... شهر رمضان المبارك والمعظم === أبعث لسعادتكم === بأخلص التهاني وأطيب التمنيات والأماني بالشهر الفضيل, تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم, قيامنا وقيامكم... سائلين الله أن يعيده علينا وعليكم بالصحة والسعادة وأن يجعل الله العلي القدير هذا الشهر عليكم مباركا خيرا ويمنا.. وعلى أمتنا الإسلامية تقدما وازدهارا... وكل عام وأنتم والجميع بخير ولكم مني جزيل الشكر والتقدير وجزاكم الله الخير. والسّـلام عليكم ورحمة الله وبركاته أخوكم في الله الحاج بكراني لاتار
AA H. RONY DAN KELUARGA BESAR DI SABRANG SERTA SELURUH MASYARAKAT JAWILAN MENGUCAPKAN "SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1434 H SEMOGA KITA BISA MENJADI LEBIH BAIK DI HARI-HARI YANG AKAN DATANG"

SISTEM PANDUAN STUDY DI YAMAN YANG KOMPREHENSIF

The writer gives of comprehensive explanation about Yemeni education in particular and Yemeni culture in general. This article is very benificial for those interested in Yemeni education or those who want to study in Yemen.

I. Sejarah Singkat Yaman
A. Zaman Purbakala

Menurut para estimolog dan pakar sejarah Arab, ada beberapa versi mengenai asal-usul kata Yaman. Pertama, kata Yaman berasal dari Youmi (bahasa arab kuno) yang berarti berkah sebagaimana predikat yang diberikan pakar geografi pada Yaman sebagai Arabia Felix. Kedua, kata Yaman berasal dari kata "Yumn" yang berarti "berkata" (Lihat Yaqut : Mu'jamul Buldan pada kosa-kata "Yaman"). Disebut demikian, karena di negeri ini terdapat banyak berkah dan hikmah. Dan ketiga, masih menurut para ahli sejarah Arab, penyebutan Yaman berkaitan dengan posisi Yaman yang tepat di kanan Ka’bah. Sejarah berdirinya Yaman berasal dari masa kejayaan kerajaan Minaean atau Ma'in (1200-650 SM) dan kerajaan Shaba' (750-115 SM), yang selanjutnya dikuasai oleh kerajaan Himyar.

Wilayah Yaman saat ini pada awalnya merupakan kekuasaan kerajaan Shaba'' pimpinan Quen Sheba – bangsa arab mengenalnya Ratu Bilqis – kerajaan terkuat yang konon adalah nenek moyang ras Arab dan menguasai seluruh selatan arab dengan ibukota Ma’rib (kurang lebih 125 KM dari ibukota Sana’a). Adapun gambaran kejayaan dan kemakmuran kerajaan Shaba' antara lain : kunjungan Ratu Bilqis kepada King Solomoon (baca; Raja Sulaiman) di Israel dengan membawa emas dan rempah-rempah yang berlimpah ruah. Selain itu, kerajaan ini pun pernah memegang peranan besar dalam melancarkan perniagaan antara Timur dan Barat. Maka tak heran, jika kerajaan Shaba'' disinggung Al Quran dan juga perjanjian lama.

B. Zaman Permulaan
Dijelaskan dalam beberapa literatur, bahwa ketika kerajaan Himyar sedang berkuasa (abad 3-5 M), terdapat dua kerajaan besar yang ingin menguasai Yaman, yaitu Persia dan Romawi. Hal ini ditenggarai, selain wilayahnya makmur, sa'at itu Yaman sedang terjadi pergolakan agama. Yaitu tepatnya pada masa kekuasaan Raja Zu Nuas penganut Yahudi, di Najran (bagian utara Yaman) telah masuk agama Masehi, yang oleh pemimpin diktator ini dengan cepat dimusnahkan.

Namun sikap kejam tersebut langsung di counter oleh kerajaan Habasyah atau Abbesinia (Ettopia) yang bersekutu dengan Romawi. Dengan demikian, selanjutnya Yaman dipimpin oleh Abraha, seorang Gubernur pemeluk Masehi, dengan pusat pemerintah di Sana'a. Namun dalam kurun waktu yang tidak lama, Persia dan kerajaan Himyar pada tahun 575-628 M, mengambil-alih kekuasaan kerajaan yang membangun katedral tandingan ka'bah itu.
selengkapnya DOWNLOAD DISINI

0 komentar:

=============================================================
SOBAT SILAHKAN KIRIMKAN TULISAN ANDA DI KISAH JAWILAN
=============================================================
Nama
Email
No HP
Belajar
Judul
Kategori
Tulisan
Pesan

kirimkan Photo Penulis ke email : bakronilatar@yahoo.co.id Terimakasih Telah Berpartisipasi Tulisan di Kisah Jawilan, setelah mengirimkan tulisan mohon sms ke aa Rony di +6281280485019


=======================================================================
Komentar Terbaru
VISITOR KISAH JAWILAN MOHON TINGGALKAN PESAN DISINI

Mari Gabung Disini !!!

KISAH JAWILAN DAN NEGERI SABA' © 2008 Por A H.RONY