Admin : AA H. RONY KP.SABRANG, JAWILAN - SERANG - BANTEN 42177.Telp. +6281280485019 (Indonesia) dan +967715138399 (Yemen).
بـــسـم الله الرحمن الرحيم السّـلام عليكم ورحمة الله وبركاتـه بعد تحــية وبعــد ...... شهر رمضان المبارك والمعظم === أبعث لسعادتكم === بأخلص التهاني وأطيب التمنيات والأماني بالشهر الفضيل, تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم, قيامنا وقيامكم... سائلين الله أن يعيده علينا وعليكم بالصحة والسعادة وأن يجعل الله العلي القدير هذا الشهر عليكم مباركا خيرا ويمنا.. وعلى أمتنا الإسلامية تقدما وازدهارا... وكل عام وأنتم والجميع بخير ولكم مني جزيل الشكر والتقدير وجزاكم الله الخير. والسّـلام عليكم ورحمة الله وبركاته أخوكم في الله الحاج بكراني لاتار
AA H. RONY DAN KELUARGA BESAR DI SABRANG SERTA SELURUH MASYARAKAT JAWILAN MENGUCAPKAN "SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1434 H SEMOGA KITA BISA MENJADI LEBIH BAIK DI HARI-HARI YANG AKAN DATANG"

Indahnya Tawakkal

Indahnya Tawakkal
Oleh: Abu Isa

Dalam perputaran roda kehidupan, sikap dan pendirian seseorang tidak selalu stabil.
Tatkala dilanda duka kadang ada rasa putus asa. Begitu juga taakala bahagia datang menjelang kadang ia terlena karenanya.
Tawakkal adalah salah satu resep mujarrab untuk mengobati duka lara. Sebab, tawakkkal adalah energi jiwa yang membangkitkan kembali keterpurukan dan keputus asaan.

Makna Tawakkal
Secara bahasa Tawakkal berarti:
Menyandarkan sesuatu dan berpegang teguh kepadaNya (Lisanul Arab 6/4909).
Sedang menurut Syara’ : Bisa berarti ridho, yang perinciannya adalah:
Ridho dan pasrah atas apa yang telah di takdirkan.
Ada juga yang mendefinisikan bahwa Tawakkal: Kepasrahan hati kepada Allah SWT,
Sebagaimana pasrah dan tunduknya jenazah terhadap orang yang memandikannya. Tetapi para Ulama telah berijma’ (Konsensus) bahwa Tawakkal tidak berarti meniadakan usaha dan ikhtiar.

Maka bisa di simpulkan ada dua unsur penting dalam Tawakkal, yang pertama adalah usaha yang maksimal, dan yang kedua adalah berserah diri sepenuhnya terhadap apa yang kita usahakan kepada Allah SWT.
Dalam hal ini Umar bin Khotob berkata kepada para sahabat yang takut ontanya hilang, “Ikatlah (tambatkanlah) onta itu lalu bertawakkalllah kepada Allah SWT”.
Sungguh indah dan tenang orang yang memasrahkan dirinya kepada Allah SWT. Bahkan Allah SWT mencintai orang yang bertawakkal kepadaNya. FirmanNya: “Sesungguhnya Allah SWT mencintai orang-orang yang bertawakkal” (QS Ali Imran : 159 ).

Syarat keabsahan Tawakkal adalah beriman kepada Allah SWT. Makanya kepasrahan itu hanya di berikan kepadaNya. Dan haram hukumnya bertawakkal kepada selain Allah SWT, bahkan termasuk perbuatan syirik.

FirmanNya: “bertawakkallah kepada Allah SWT jika engkau benar-benar beriman”. (QS Al Maidah : 11). Rasullullah juga bersabda: “Akan masuk sorga suatu kaum yang hatinya seperti hati burung” ( HR Muslim no:2840), yakni orang-orang yang bertawakkal. Karna kalau kita perhatikan burung adalah termasuk makhluk yang bertawakkal kepada Allah SWT, dia mencari makan dengan penuh tawakkal sehingga di pagi hari pergi dengan keadaan perut kosong dan kembali sore hari dalam keadaan kenyang.
Keutamaan Tawakkal.
1.Masuk sorga tanpa hisab. Sebagaimana dalam hadits Bukhori no:6531.
2.Tawakkal adalah sebab mendapatkan kecintaan Allah SWT . Sebagaimana dalam Al Quran surat Al Maidah ayat 11 di atas.
3.Orang yang bertawakkal akan selalu dalam penjagaan Allah SWT. FirmanNya: “Barang siapa yang bertawakkal kepada Allah SWT, maka Dia akan mencukupkannya” (QS At Thalaq : 3 ).
4.Tawakkal adalah pembuka pintu rizki sebagaimana dalam hadits Tirmizi di atas.
5.Tawakkal adalah sebab kemenangan atas musuh. Sebagaimana dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 140.
6.Orang-orang yang bertawakkal kepadaNya adalah suri tauladan yang baik. Sebagaimana dalam Al Quran surat Al Mumtahanah ayat 4.
7.Tawakkal menyejukkan hati dan memberi ketenangan jiwa.
Dengan demikian betapa hampa hidup ini jika dalam taman hati ini tidak di semaikan benih Tawakkal. Dan betapa indah jika hari-hari kita di buai dengan sejuknya Tawakkal kepadanNya.
Wallahu ‘alam bishshawab.

0 komentar:

=============================================================
SOBAT SILAHKAN KIRIMKAN TULISAN ANDA DI KISAH JAWILAN
=============================================================
Nama
Email
No HP
Belajar
Judul
Kategori
Tulisan
Pesan

kirimkan Photo Penulis ke email : bakronilatar@yahoo.co.id Terimakasih Telah Berpartisipasi Tulisan di Kisah Jawilan, setelah mengirimkan tulisan mohon sms ke aa Rony di +6281280485019


=======================================================================
Komentar Terbaru
VISITOR KISAH JAWILAN MOHON TINGGALKAN PESAN DISINI

Mari Gabung Disini !!!

KISAH JAWILAN DAN NEGERI SABA' © 2008 Por A H.RONY